Cetak Nota

Nota sebuah alat bukti pembayaran yang digunakan oleh para pelaku usaha. Nota sudah sering kali kita menemuinya, setiap belanja dimanapun pasti kita mendapatkan nota. benarkan?

Nota ada beberapa jenis berdasarkan bahan yang dipakai. Ada Nota berbahan Kertas Hvs biasa sehingga jika nota ini terdiri dari 2 rangkap atau lebih, masih menggunakan bantuan kertas karbon yang fungsinya supaya tulisan kita tembus ke lembar bawahnya.Sedangan yang Satunya Nota berbahan kertas jenis NCR . dengan mengunkan kertas NCR ini kita tidak perlu membeli kertas karbon lagi karena tiap kita menulis di nota otomatis tulisan kita bisa tembus ke lembaran bawahnya.

lalu bagaimana sih proses  pembuatan nota ? disini saya akan sedikit membahas prosesnya. Siapa yau anda bisa mencetak sendiri nota anda.  Di tempat kami Nota di cetak menggunakan cetak offset menggunakan mesin cetak toko.

ALurnya seperti ini :

Desain – Cetak film di kertas kalikir (Miror) – Pembuatan Plat – prosescetak di mesin  toko – Finishing

Untuk Desain/Seting gambar ukuran nota bisa menggunakan software corel draw atau yang lainnya. Setelah selesai desain siapkan kertas kalkir untuk dicetak menggunakan printer laser jet (tinta serbuk) miror. Jika desain nota 2 atau 3 warna maka harus dipisah antar warnanya kemudian baru di cetak berdasarkan warnanya.  2 wota arna = 2 lembar kertas kalkir. kemudian setelah itu kita harus mempersiapkan plat yang digunakan sebagai master film cetak. Jumlah plat menyesuaikan dengan jumlah warna nota kita. 1 warna = 1 plat, 2 warna = 2 plate, 3 warna = 3 plat. Plat master ini nantinya dipasangkan pada mesin toko/ mesin cetak, setelah terpasang baru bisa diproses cetaknya. Mesin Cetak Toko ini cetaknya per warna. jadi gak bisa langsung print jadi seperti printer biasa. JIka 1 warna proses cetak cukup sekali, namun jika 2 warna berati 2 kali naik cetak, jadi cetaknya 1 warna-1 warna.

Cetak Nota

Setelah selesai proses cetak, selanjutnya adalah proses finishing yakni jilid kertas itu menjadi subuah buku dan proses sisir potong sehingga menjadi rapi hasil notanya.

Cetak nota memiliki minim order yaitu jumlah minimum 1 rim kertas ukuran folio (21 x 33 cm) sedangkan jumlah jadi bukunya tergantung ukuran nota yang ingin kita buat. Ukuran not apada umumnya yakni ada yang seukuran folio (21x33cm) seperti formulir pendaftaran, nota ukuran 1/2 folio, 1/3 folio, 1/4 folio, 1/5 folio. tergantung kebutuhan.

JUmlah jadi buku berdasarkan ukuran nota :

  • ukuran 1 folio full  = jadi 10 buku (perbuku isi 50 lembar)
  • ukuran 1/2 folio  = jadi 20 buku (perbuku isi 50 lembar)
  • ukuran 1/3 folio   = jadi 30 buku (perbuku isi 50 lembar)
  • ukuran 1/4 folio  = jadi 40 buku (perbuku isi 50 lembar)
  • ukuran 1/5 folio   = jadi 50 buku (perbuku isi 50 lembar)

Lalu berapa harga nota cetak 1 rim? di tempat kami cetak nota bahan NCR per rim 250 rb. mungkin di tempat lain ada yang murah, namun perlu diketahui kami menggunakan bahan NCR yang terbaik. karena bahan kertas juga bermacam-macam kualitas beda tentunya.

 

 
Chat via Whatsapp